Tuesday, September 25, 2012

E-Jurnal untuk Mahasiswa

Tak berapa lama sebelum posting ini, saya baru saja menghadiri rapat pengadaan e-jurnal untuk mahasiswa. Meski tak ada lagi kewajiban bagi mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah terkait kelulusan di strata satu (S1), namun FIB Unand tetap mewajibkan mahasiswa yang mau tamat menulis satu artikel ilmiah sebagai salah satu syarat mendapatkan ijazah. "Kewajiban" ini bermata dua.

Pertama, kewajiban menulis artikel ilmiah tentu menambah tugas bagi mereka setelah susah payah mengerjakan skripsi. Biasanya, tambahan-tambahan seperti menulis atau menyingkatkan hasil penelitian itu dianggap mahasiswa sebagai tambahan pekerjaan. Beban otak dan psikologi dalam proses penulisan telah memerihkan jari-jari tangan mereka menulis lagi, walau apa yang ditulis itu bahannya telah ada.

Kedua, tapi di sisi lain, kehadiran e-jurnal ini justru mendatangkan manfaat bagi si mahasiswa itu sendiri. Akses orang terhadap berbagai informasi penelitian dan peneliti sendiri memungkinkan terjadinya interaksi antara dia dengan si orang lain itu. Karyanya itu dapat dibaca oleh audien yang beragam dan luas. Ini tentu dapat dimanfaatkan secara optimal oleh kedua belah pihak. Selain itu, kemungkinan plagiasi yang semakin marak dapat diredusir kehadiran e-jurnal ini.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda...